Perawatan Ginjal Agar Tetap Sehat

Fungsi utama ginjal mengekresi limbah tubuh yang terdiri hampir tiga juta unit nephron, organ vital ini berfungsi membersihkan limbah tubuh dari proses fisiologis. Bila racun tidak dibuang dengan benar, maka akan menumpuk di sistem, yang menyebabkan disfungsionalnya organ-organ vital lainnya. Hal ini menunjukkan pentingnya menjaga fungsi ginjal agar tetap sehat.


Berikut ini tips dan artikel dalam menjaga kesehatan ginjal kita.

1. Minum banyak air.
tubuh terdiri dari 70% air. Tanpa air, sel tubuh tidak bisa bertahan dan proses fisiologis dan biokikmia tubuh tidak dpat bekerja dengan baik. Dianjurkan minimal meminum 8 gelas air setiap hari.

Minum sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar dan ini baik juga dalam program diet. Air es tidak dianjurkan karena dingin mencegah metabolisme dalam mencerna makanan. Lemas yang mengeras karena dingin akan sulit untuk dicerna. Semakin banyak kita minum, buang air kecil dapat meningkatkan ekskresi sisa metabolisme dan integritas ginjal, sehingga ginjal semakin sehat.

2. Hindari makanan asin
natrium klorida adalah nama kimia untuk garam. Natrium dan Klorida adalah elektrolit yang bertanggung jawab menjaga kesimbangan air, elektrolit keasaman, dan alkalinitas darah. Ketika asupan garam berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan dam akumulasi dalam disfungsi ginjal.

3. Hindari alkohol
Alkohol adalah zat diuretik, dapat menyebabkan sering buang air kecil dan mencegah ekskresi zat lain seperti asam urat. Hal ini dapat menyebabkan batu ginjal.

4. Jangan Menahan Kencing
Jika anda merasa harus buang air kecil maka segeralah ke toilet. Air yang ditahan adalah air sisa pembuanagn dari ginjal yang banyak mengandung banyak kuman. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada ginjal.

5. Hidup sehat
Tubuh seperti mesin yang perlu diminyaki. Bila ada salah satu bagian yang rusak makan akan mempengaruhi bagian yang lain. Nah, cobalah makan, tidur dan pola hidup sehat. Lemak daging juga perlu dihindari dan cobalah beralih ke sayuran.

Ginjal yang sehat berfungsi " membersihkan " kotoran dan sisa metabolisme tubuh, apabila fungsi tersebut rusak maka berdampak pada fungsi yang lain. So, mulai rawat ginjal kita agar tetap sehat. -db-

{ 0 comments... read them below or add one }

Poskan Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.