Internet Tanpa Kabel Banyak Macamnya, Sudah Tahu Perbedaannya?

Supaya Anda bisa menikmati wi-fi dengan maksimal, Anda bisa mencari vendor atau toko yang jual access point dan memasangnya di rumah. Nah, berbicara soal wi-fi, apakah Anda tahu kalau internet tanpa kabel (wireless) itu banyak macamnya? Selain wi-fi, masih ada beberapa internet tanpa kabel yang perlu kalian tahu. Yup, dengan mengetahui perbedaan masing-masing internet tanpa kabel, Anda tak perlu bingung lagi untuk memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Langsung saja simak daftarnya yang dikutip dari satujam.com berikut ini. 

1. Wi-Fi
Ini dia jaringan tanpa kabel yang paling sering digunakan di rumah-rumah, perkantoran, bahkan tempat publik. Setelah Anda memakai wi-fi selama ini, apakah Anda sudah benar-benar mengerti pengertian dari wi-fi itu sendiri?

Wi-fi merupakan singkatan dari wireless fidelity. Dikutip dari wikipedia, istilah wi-fi sendiri pertama kali diperkenalkan pada Agustus 1999 oleh perusahan Interbrand Corporation. Wi-fi merupakan teknologi yang memanfaatkan gelombang radio melalui jaringan komputer termasuk koneksi internet. Untuk menikmati wi-fi, dibutuhkan router yang tersambung ke internet melalui modem. Wifi dapat diakses dengan maksimal jarak 60 meter dari pusatnya. Kalau ingin menikmati koneksi wifi dengan maksimal, usahakan Anda berada di jarak sekitar 30 meter.

2. Mi-Fi
Nah, selain wi-fi, kini juga sudah banyak yang menggunakan mi-fi. Mi-fi ini bisa dibilang mobile wi-fi karena bisa dibawa kemana-mana. Lebih tepatnya, mi-fi merupakan perangkat hotspot wi-fi yang membagikan layanan internet, mirip seperti fitur tethering yang ada di smartphone.  Biasanya mi-fi diakses oleh smartphone, laptop, bahkan komputer. Mungkin Anda juga lebih familiar melihat mi-fi yang dibawa oleh orang-orang saat bepergian. Biasanya mi-fi dibanderol dengan harga mulai dari Rp200 ribu hingga Rp 1 jutaan.

3. 4G
Belakangan ini 4G juga mulai populer di masyarakat Indonesia. Semua provider sekarang sudah menggunakan teknologi ini karena 4G merupakan salah satu pertimbangan saat memilih provider internet yang tepat. Teknologi 4G ini merupakan evolusi dari 3G. Selain mencakup semua fasilitas 3G, 4G memiliki kecepatan berkisar 100 Mbps-1 Gbps. Karena cepat, tak heran 4G ini sering digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan di smartphone, tablet dan gadget lainnya.

Nah, sudah tahu kan pengertian masing-masing internet tanpa kabel? Sekarang tak perlu bingung lagi deh! (Rima)

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar

Share

Tips dan Artikel. Diberdayakan oleh Blogger.